25 Februari 2009

Sekarang Saatnya Bermain IR

Dulu (dulu banget =p), gw pernah ngeliat foto di FN kok warnanya keren ya... Bisa jadi biru kuning magenta n warna begitu2 deh. Trus gw penasaran n gw coba2 sendiri kok ngga pernah berhasil... Karena gw anak muda dengan hasrat penasaran yang sangat tinggi (halah), maka gw putuskan untuk mencari informasi tentang hal tersebut cari lewat fasilitas namanya internet, dan yap dalam sekejap ketemu. Hal tersebut namanya Infrared Photography.
Di dalam fotografi, infrared bisa dilakukan lewat 2 cara. Yaitu menggunakan filter IR atau mengoprek sensor dalam kamera. Secara garis besar, cara kerja kedua tipe tersebut sama saja. Namun bila menggunakan filter, dibutuhkan shutter speed yang super lambat supaya cahaya IR bisa terserap sempurna ke dalam sensor kamera (soalnya gelap banget filternya), itupun dengan catatan kondisi cuaca sedang dalam keadaan cerah / terik matahari. Sedangkan apabila mengoprek sensor yang ada di dalam kamera, kita bisa mendapatkan shutter speed sesuai dengan metering cahaya saat itu..
Gw foto IR dengan bantuan filter hoya R72 ( soalnya belom ada duit buat ngoprek kamera =D ). Pertama kali gw nyoba bingung banget, kok warnanya merah semua jadinya. Tapi setelah menggali ilmu di Institut Fotografer.net dapatlah langkah2 bagaimana cara bermain foto IR agar lebih enak dinikmati...
Dibawah ini ada beberapa contoh foto IR yang gw jepret dengan bantuan Hoya R72 gw yang udah digoreng di sotosop.... semoga bisa dinikmati, maklum masih belajar juga... salam damai selalu kawan =D

Pertama kali nyoba foto IR


Ini Foto IR waktu di Pengalengan, Jabar


Gunung Manglayang Dihajar dari Jembatan Cincin


Ini juga di sungai waktu di pengalengan


Masih gunung Manglayang dari jembatan cincin


Nah kalo ini jembatan cincin si hajar dari sawah dibawahnya

2 komentar:

echi mengatakan...

akun FNnya apa bos? itu foto di sungai jadinya kaya di jepang ya, autumn nya sakura. keren. and im dpwnloading oyur pdf. keren. salut salut

aLLan Rinaldi mengatakan...

efek foto IR memang begitu bukan,hehhee....

Akun gw di FN ya Allan Rinaldi aja..

thx for your appreciation fren =D