10 Agustus 2011

Jatinangor Syndrome

Begitulah para Alumnus Universitas Padjadjaran Jatinangor menyebutnya. Ini adalah sebuah penyakit yang aneh, penyakit yang bisa bertahan di dalam tubuh setiap insan Alumnus Jatinangor. Rasa rindu yang amat sangat terhadap Jatinangor, itulah efek dari penyakit ini. Setiap alumnus memiliki rasa kehilangan masing-masing tergantung kenangannya selama ada di kecamatan pelajar ini.

Entah dalam bentuk apa rasa rindu itu, bisa berupa rindu terhadap suasana kosan, bisa berupa rindu dengan aktifitas selama masa kuliah, rindu dengan temen-temen, bisa berupa rindu dengan ngisengin temen-temen kosan, atau yang paling mungkin adalah rasa rindu yang super duper sama pacar.

Tapi coba dipikir deh, kalau udah lulus dari Unpad Jatinangor, trus sebenernya buat apa kita berlama-lama lagi disana? Seharusnya memang kita lebih baik untuk fokus untuk mencari pekerjaan, tapi ya itulah mungkin ada beberapa alasan yang bisa membuat jadi agak 'malas' kembali ke Jakarta. Gw padahal lulus februari 2011, trus wisudanya mei 2011, tapi gw baru pindah dari kosan bulan juli kemaren ini tanggal 27 juli 2011.

Gw baru pindah tanggal itu soalnya gw berpikiran bahwa kalo gw ikut Jobfair di Bandung kan otomatis kalo seleksi/rekruitmen nya juga di Bandung, nah kosan gw itu gw manfaatkan sebagai tempat tinggal sementara, selain itu pacar gw tercinta juga masih di Jatinangor, dia kan masih anak angkatan 2008, ya brarti memang dia masih seharusnya kuliah di nangor. Tapi yaaa itulah yang membuat gw semakin malas kembali ke Jakarta, mungkin sudah terlalu comfort dengan kehidupan disana yang membuat kita sudah enggan untuk bepergian kemana-mana. In fact kita itu justru wasting time disana, ibarat kata doing nothing lah, tapi ya kembali lagi ke perasaan nyaman itu, dilematis banget lah pokoknya..ckckkckckk

Dan pada saatnya puncak emosi terjadi saat tanggal 27 Juli 2011. Tanggal dimana gw harus beres-beres terakhir di kamar kosan. Kamar kosan gw yang penuh dengan coret-coretan bersejarah, coretan yang berisi semangat, cacian, sindiran, dan peringatan dari temen-temen yang pernah dateng ke kamar gw untuk testimoni ke gw. Jadi inget waktu itu pas lagi beres-beres buku, gw menemukan buku saat gw masih di OSPEK di Fakultas gw. DAMN MANNN!!!! Time goes faster than i thougths!! Gak kerasa banget gw perasaan baru kemaren bangun pagi-pagi jam 4.30 untuk bersiap menghadiri ospek laknat itu, tapi tepat hari gw menemukan buku itu, gw sempet terdiam sejenak, merenungi semua yang telah gw lakukan selama 4.5 tahun di Jatinangor ini.

Sedih banget gw kalo inget-inget momen itu. Trus yang paling gw tersentuh lagi, di kamar gw itu ada poster, tuh poster bergambar muka dari gw dan sahabat-sahabat gw, yaitu disky, dias, mamed, dan faris. Kita dulu pernah membubuhkan tanda tangan di bawah muka kita masing-masing sesaat setelah mencetak design yang dibuat Dias di tahun 2008 itu. Di poster itu tertulis "Bila kita sudah tua nanti dan merasa sendiri, ingatlah hari ini" sontak kata-kata yang dirilis oleh Project Pop itu membuat hati gw bergetar dan sempat membuat mata gw becek walaupun gak sampe nangis, yauds langsung aja gw foto pake HP gw dan gw kirim ke 4 temen gw itu, mereka merespon mms gw dengan perasaan agak tidak percaya juga kalo waktu berjalan begitu cepat.

Nah kalo paragraf diatas itu mengenai momen yang bikin gw tersentuh, ada satu part lagi yang bikin gw sedih dan agak gak rela meninggalkan Jatinangor ini. Ya apa lagi kalo bukan harus ninggalin pacar yang udah nemenin gw, nyemangatin gw ngerjain skripsi, bantuin gw nyari lowongan kerja, bantuin gw kalo lagi ada sesuatu yang gak bisa gw kerjain sendiri selama ini. Pas tanggal 26 Juli gw usahain untuk ketemu dia seharian saat itu, namun karena ada faktor ini itu termasuk lanjut berbenah kosan, gw baru bisa ketemu dia pas sorenya. Gw berpikir bahwa malam itu merupakan terakhir kali gw ketemu dia karena besoknya dia ada kuliah, gw bener-bener nerasa kangen banget sama dia semenjak gw keluar dari pintu kamar kosannya, gilee rasanya aneh banget, rasanya kayak lu gak boleh makan nasi lagi, padahal lu tiap hari makan nasi kan?

Nah lanjut cerita pas hari kepulangan gw, gw usahain banget untuk ketemu dia, at least last lunch gw bareng dia di Nangor lah, dan alhamdulillah dia bisa untuk nemenin gw makan siang sebelum balik. Nah setelah beres makan siang, dengan sangat senang hati gw mengantarkan dia ke kampus, gw anterin sampe depan pintu kelasnya. Duh rasanya waktu gw dadah-dadah kayak aneh banget, kayak gw gak mau pulang ke Jakarta..

Yaah itulah sedikit pengalaman gw selama mau pindahan dari Jatinangor menuju rumah gw di Jakarta. Terserah kalian mau menganggap lebay atau apa, tapi ya emang gitu rasanya, dan gw YAKIN 90% Mahasiswa UNPAD yang berdomisili non-Jawa Barat pasti merasakan hal yang sama dengan gw, namun mungkin mereka malu untuk mempublikasikan kayak gw gini..

Terakhir gw mau mengucapkan terima kasih kepada:

- Thanks to my Parents yang udah menyekolahkan gw sampai jenjang S1 di Universitas Terfavorit se-Indonesia, Pendidikan sekarang mahal bung, namun mereka banting tulang sampe pontang panting demi bisa menyekolahkan gw sampe S1.

-Thanks to Rike Mutiara yang telah nemenin gw selama ada di Jatinangor, senang susah bareng-bareng yang selama ini kita lewatin nggak akan aku lupain sayang, aku janji mau jemput kamu lagi trus bareng-bareng naik ke pelaminan.aminn..hehee

- Thanks to temen-temen kosan Pondok Melati Cikuda yang pada CUPS, Bob Kiram Jerry Juang Rifky Alfred Bachtiar Fahmi Iref Qaisa Agil Aldy Henry Faris Utuy Dimas Ihsan Dzaki Bayu Ardy Tito Fakhri Lesong Kapten dan semuanya yang telah meramaikan daftar pertemanan gw hingga saat ini

- Thanks to temen-temen TMIP 2006 yang gak bisa gw sebutkan satupersatu disini, khususnya Eca dan PDP yang udah ngajarin bahasa sunda gak bener ke gw dan udah ngasih influence ke gw...hahahahaaa, gw ambil yang positifnya aja deh, yang negatifnya nggak :p

- Thanks to Pak samin yang udah ngejagain kosan biar gak ilang kosannya, sama adip heri ali pato a.k.a zulfi juga..

- dan yang terakhir gw sampaikan kepada semua pihak yang telah menunjang kehidupan gw di Jatinangor seperti para tukang makanan, tukang pijet, tukang tambal ban, para montir, dan yang lain-lain, semoga jasa dan keikhlasan kalian bekerja dibalas oleh Tuhan YME..aminn

Sekarag gw udah menetap di Jakarta for good, gw udah Gawe sekarang di PT. Austasia Food, itu lho yang produknya Susu Greenfields, semoga gw betah dan bisa berkembang disini, doain aja ya.. Bye all, have a good live fellas =D



Tidak ada komentar: