29 Agustus 2011

See you next time Capt!

Mungkin sudah banyak mahasiswa UNPAD yang mengetahui kalo Esmardo telah wafat sekitar pukul 10 malam pada tanggal 23 Agustus 2011 kemarin. Dan mungkin sudah banyak yang mengetahui juga kalau dia wafat dikarenakan mendadak terkena serangan jantung saat sedang berlatih futsal.

Usianya masih terbilang muda, yaitu 24 tahun, namun beliau telah menunjukkan berbagai prestasi yang dapat menginspirasi orang banyak. Sikapnya yang tegas, hangat, dan bersahabat membuat orang-orang merasa dekat dengannya walaupun hanya baru pertama kali bertemu.

Gw mau cerita sedikit tentang Esmardo dari sudut pandang gw pribadi nih. Pertama kali gw ngeliat dia pas lagi FORSI UNPAD taun 2006, saat itu Futsal Ekonomi menembus partai final cabang futsal, kala itu Ekonomi melawan Fakultas Pertanian. Nah ada sesuatu yang gw liat berbeda dari dia, dia punya skill bagus, passing pasti, dan komunikasi verbal yang bagus di lapangan. Saat itu gw udah ngerasa kalo dia yang paling jago kayaknya se-tim futsal ekonomi.

Setelah gw join Unit Sepakbola UNPAD (USBU) divisi Futsal, gw makin kenal sama dia. ya gimana gak kenal, latian USBU kan pasti bareng terus. Sampai pada akhirnya pas pertengahan tahun 2007 gw bisa menembus timnas Futsal UNPAD untuk Kejurnas Futsal di UPI (Universitas Pendidikan Indonesia), Bandung. Waktu itu gw juga bisa masuk tim karena bantuan dari beberapa senior yang ngebimbing gw, termasuk beliau. Kala itu gw sebagai pemain debutan memang gak banyak dapet jatah main, tapi mungkin Coach Oskar memiliki visi supaya gw bisa melihat realita permainan di lapangan seperti apa dan aura kompetisi antar universitas itu seperti apa. Dan benar saja, gw merasa pada saat itu gw melihat bagaimana spirit bertanding di lapangan SMA dan lapangan Universitas itu beda!

Tim Futsal UNPAD, Kejurnas @ UPI Tahun 2007
ki-ka atas: Aul, Zaki, Esmardo, Eko, Yandi, Ardi
bawah: Lutfi, Mico, Issa, Allan

Setelah berbagai kejurnas dan turnamen gw ikuti bareng-bareng dia, gw ngelihat ada suatu sisi yang harus sangat ditiru dari apa yang Esmardo lakukan. Dia itu selalu fokus dalam pertandingan, dia gak pernah ngemarahin temen kalo berbuat kesalahan, tapi malah ngemotivasi supaya bangkit. Nah itulah yang paling sering gw contoh dari beliau, ketika tim lagi down atau lagi dalam posisi tertekan, dia pasti bisa ngebangkitin semangat kita lagi, entah apa itu caranya dan apa itu kata-kata ajaib yang bisa keluar dari mulutnya. Dia tipikal pemain yang punya Good Leadership di atas lapangan, terlebih dia ngerti banget taktik fren, kapan harus ganti taktik pas lagi maen, bisa dibilang dia yang ngatur jalannya pertandingan, yup dia playmaker-nya.

Karir Esmardo pun gak terhenti hanya di Tingkat Universitas sebagai Kapten Futsal UNPAD, dia itu dulu setelah USBU pernah membela Futsal Cibabat yang merupakan Tim Futsal di Liga Amatir Futsal, kejeniusan dan kegigihannya berbuah manis, dia bisa tembus ke FKB atau singkatan dari Futsal Kota Bandung yang merupakan peserta IFL atau Indonesian Futsal League, IFL ini adalah kompetisi professional fren! Gw percaya banget tuh kalo Esmardo pasti punya target untuk masuk ke Timnas Futsal Indonesia, dan gw juga punya feeling kalo dia pasti bisa membuktikan itu, keliatan lah dari usahanya selama ini. Tapi ternyata Tuhan Berkata lain, pemain yang besar dari futsal, ternyata Tuhan mengutus malaikat pencabut nyawa untuk menjemputnya di lapangan futsal juga. Hal tersebut menunjukkan kalo dia hidup mati untuk Futsal.

Mungkin Tuhan punya rencana lain dibalik ini. Mungkin Tuhan memang melahirkan pemain bernomor punggung '8' ke dunia ini untuk menginspirasi orang banyak, mungkin juga dia memang utusan atau mungkin ia adalah malaikat untuk membagi ilmu-ilmu dan menularkan sikap positif kepada kita semua. Yaaah, who knows my friend. Semua di kehidupan ini adalah konsep Tuhan, kita tidak bisa merubah konsep yang telah dibuat olehNYA.

Rest in peace Esmardo, thanks for everything you've share to us. I will always remember all of the thing that you've shown to us. And you always be my Captain do, See you next time Capt! =')

Tim Futsal UNPAD, Kejurnas @ UNJ Tahun 2009
ki-ka atas: Allan, Ardi, Eko, Oskar (Coach), Mico, Esmardo
tengah : Dimas, Zaki, Fathur, Bambang, Reza
bawah: Fitri (official), Hari, Yandi, Mela (Manager)


Nah kalo yang ini pas lagi Kejurnas ITB Tahun 2010, Si Mardo jadi Coach-nya bareng sama Yandi


Foto ini pas lagi nonton Futsal Indonesia Vs Australia di Tenis Indoor Senayan

Tidak ada komentar: